Proses Belajar Tengkurap Pada Bayi

Proses Belajar Tengkurap Pada Bayi. Pengertian Tengkurep dalam kamus besar Indonesia adalah merebahkan diri dengan muka menghadap ke bawah.  Istilah ini didalam masyarakat yang dikenal dalam proses tumbuh kembang bayi. Tengkurap bisa kita dapat lihat pada bayi bayi umur 3 bulan ke atas namun sangat berbeda-beda dalam tiap kasusnya.

Seringkali kita melihat bayi aktif dalam menggerakan kepala kekanan dan ke kiri pada umur 2-3 bulan, gerakan ini adalah gerakan awal bayi siap untuk belajar berguling untuk di teruskan tengkurap.

Pada kali ini info-azzam coba share video pengalaman dimana azzam putra kami  belajar tengkurap.


Dalam video tersebut terlihat bayi berusaha dengan mandiri untuk dapat menggulingkan badannya sampai muka menghadap ke bawah/kasur. Yang perlu dilakukan kita sebagai orang tua adalah mengawasi agar bayi masih dapat bergerak dan tidak lama dalam posisi muka menghadap ke bawah yang menyebabkan dia susah untuk bernapas.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa beberapa bayi  fase tengkurapnya tidak sama, yang salah satunya karena dipengaruhi oleh berat badan bayi itu sendiri. Biasanya bayi yang berat badannya gemuk/montok akan mengalami kesulitan untuk bergerak, sehingga bayi malas tengkurap. Sebaliknya untuk bayi yang berat badannya kecil, justru lebih cepat tengkurap, karena berat badannya ringan.

Latihlah buah hati Anda untuk dapat melakukan hal baru dan tengkurap adalah salah satunya, jangan melebihi kemampuan atau terkesan memaksakan , dan sikapi dengan bijak jika sampai dengan 6 bulan buah hati Anda belum dapat melakukan tengkurap segeralah berkonsultasi spesialis anak Anda. Semoga Bermanfaat.




0 comments

Random Posts