Bayi Lahir Kuning, Kenali Penyebab,Gejala Serta Penangananya

Bayi Lahir Kuning,  Kenali Penyebab,Gejala Serta Penangananya. Anak adalah anugerah terindah yang Penyakit kuning sering dialami oleh setiap Bayi Yang baru dilahirkan. Hal ini di sebabkan karena masih belum berfungsinya secara maksimal organ hati pada bayi. Hati Adalah Organ yang dapat menyaring segala racun yang di keluarkan dari sisa metabolisme tubuh.  Jika organ tersebut mengalami gangguan maka tubuh akan mengalami penumpukan bilirubin yang berlebih dan menyebabkan kuning di bagian kulit. Pada Bayi hal serupa di alami dan dapat menyebabkan kekhawatiran setiap orangtua bagaimana untuk cara penanganannya.

Apa Penyebab Bayi Baru Lahir Berwarna Kuning ?
Penyebab sakit kuning pada bayi adalah dikarenakan terjadinya penumpukan billirubin pada tubuh bayi dan sudah menyebar. Hal ini sekali lagi terjadi karenafungsi dari hati yang belum 100% sempurna. Kondisi bayi seperti ini sering dikenal di dunia kesahatan adalah Jaudice. Yakni kondisi tubuh bayi menjadi kuning karena metabolisme tubuh bayi yang tidak terbuang secara sempurna. Apakah Ayah dan Bunda mengetahui bahwa billirubin ini dapat dikurangi kadarnya dengan proses alami yakni pada saat bayi buang air besar. Kondisi ini akan berangsur angsur akan membaik pada kurun waktu bayi Anda sampai dengan umur 2 minggu. 
Kita sebagai orang tua haruslah mengetahui batas normal angka kadar billirubin dalam tubuh bayi yang baru lahir hal ini penting karena sebagai acuan untuk diambil tindakan medis kepada buah hati kita.
www.pediatrik.com
Apa gejala dari bayi yang terkena penyakit kuning ?

Bayi yang terkena penyakit kuning akan memiliki gejala yang pasti adalah permukaan kulitnya berwarna kuning  dan  bayi malas untuk mengkonsumsi ASI dan banyak menghabiskan waktu dengan Tidur. Perhatiakan pada saat bayi menguap rongga mulut akan terlihat kuning berdasar pengalaman pribadi putra kami. Lakukan pemeriksaan permukaan kulit di seluruh bagian tubuh bayi, ketiak, perut, paha.  Hal yang sangat utama adalah melakukan pemeriksaaan darah sang bayi khusus untuk mengecek kadar billirubin yang ada agar dapat di tentukan perlukah dilakukan tindakan medis atau tidak.
Bagaimana Penanganan Penyakit kuning Pada Bayi ..?


brahmanto.warungfiksi.net
Cara untuk penanganan pada bayi kita yang terkena penyakit kuning adalah pertama lakukan cek darah untuk mengetahui berapa angka billirubin nya jika memang tidak diperlukan perawatan dapat dilakukan dengan menjemur bayi agar mendapatkan sinar matahari pagi, lakukan penjemuran ini antar jam 7-8 pagi, cukup 10-15 menit sehari. Namun jika di dapati kuning terhadap bayi makin menyebar dan tidak ada tanda tanda ke arah baik segerakan ke dokter spesialis anak untuk dilakukan Fisioterapi dan tranfusi darah. Fisioterapi adalah dengan proses penyinaran bayi dengan cahaya biru untuk menormalkan dan mengurangi kadar billirubuni pada fungsi organ hati.
Bayi lahir dengan penyakit kuning memiliki kemungkinan sangat besar namun Semakin Anda dapat memahami dan mengerti perihal apa itu penyakit kuning pada bayi Anda akan lebih siap dalam proses penyembuhannya. Berikan yang terbaik kepada buah hati kita baik itu tindakan dan ilmu pengetahuan perihal penyakit bayi. Semoga bermanfaat.
Sumber Image : babycaredirectory.blogspot.co.id

0 comments

Random Posts